Jumat, Desember 05, 2014

BAB I Visualisasi Akibat Penggunaan Narkoba

BAB I

PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Keberadaan komputer bukan merupakan hal yang baru lagi dalam era globalisasi masa kini, karena hampir setiap instansi baik itu pemerintahan maupun swasta sudah menggunakan komputer dalam mengolah data-data pekerjaan, bahkan sudah termodifikasi dalam beberapa bentuk program software yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini menunjukan bahwa penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat bermanfaat dan sangat berpengaruh pada suatu tatanan kerja yang dituntut pada suatu proses kerja serba cepat dan akurat.
Badan Narkotika Provinsi Bengkulu yang beralamatkan di jalan Indragiri No. 12 Padang Harapan Bengkulu telah memanfaatkan teknologi komputer dalam menyelesaikan pekerjaan. Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan salah satunya melakukan sosialisasi tentang bahaya narkoba terhadap anak-anak sekolah, kuliah, dan masyarakat belum optimal, karena Badan Narkotika Provinsi Bengkulu masih menggunakan media seadanya yaitu : film tentang narkoba, brosur-brosur dan media gambar berupa poster.
1
1
Teknologi macromedia merupakan hasil dari kemajuan elektronik komputer yang dapat kita manfaatkan untuk membuat berbagai gambar animasi yang akhirnya dapat kita gunakan sebagai alat bantu peraga dalam bidang informasi mengenai akibat penggunaan narkoba. Program ini menfokuskan mengenai visualisasi akibat penggunaan narkoba yang ditampilkan dilayar komputer dengan animasi teks, gambar dan movie flash sebagai petunjuk langkah-langkah akibat penggunaan narkoba. Penerapan program ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang  bahaya atau dampak terhadap orang yang mengkomsumsi narkoba, guna memperkecil dan mengurangi jumlah korban jiwa akibat mengkonsumsi narkoba.  
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik mengangkat judul “VISUALISASI AKIBAT PENGGUNAAN NARKOBA DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8.0”.

1.2.       Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan masalah yaitu :
1.    Bagamana membuat visualisasi akibat narkoba dengan Aplikasi Macromedia Flash 8.0.
2.    Bagaimana memberikan informasi akibat penggunaan narkoba dalam bentuk visualisasi.

1.3.       Batasan Masalah
Mengingat luasnya permasalahan yang mungkin diangkat dalam penelitian ini maka diperlukan batasan masalah. Untuk itu permasalahan yang diteliti hanya membahas :
1.      Pembuatan Visualisasi akibat penggunaan narkoba  yaitu : (Golongan I, Golongan II, Golongan III) dengan Aplikasi Macromedia Flash 8.0.
2.      Durasi animasi objek berdasarkan jenis narkoba tersebut diatas maksimal 3 menit.

1.4.       Tujuan Penelitian
1.    Untuk dapat melanjutkan ke penyusunan skripsi pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Dehasen Bengkulu.
2.    Untuk Mengetahui Pembuatan Visualisasi akibat penggunaan narkoba dengan Aplikasi Macromedia Flash 8.0.
3.    Untuk mengetahui Bagaimana memberikan informasi akibat penggunaan narkoba dalam bentuk visualisasi.

1.5.       Manfaat Penelitian
1.5.1.      Bagi Peneliti
1.    Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam melakukan penelitian ilmiah.
2.    Sebagai tolak ukur penguasaan ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan pada jurusan Teknik Informatika Universitas Dehasen Bengkulu.

1.5.2.      Bagi Pembaca
1.    Sebagai bahan perbandingan jika melakukan penelitian dan membahas hal yang sama.
2.    Menambah pemahaman tentang bagaimana membuat visualisasi akibat penggunaan narkoba dengan Aplikasi Macromedia Flash 8.0.
1.5.3.      Bagi Badan Narkotika Provinsi Bengkulu
1.    Diharapkan dapat mempermudah para pegawai dalam menyampaikan akan bahayanya narkoba.

2.    Mempermudah menyampaikan informasi bahaya akibat penggunaan narkoba kepada seluruh lapisan masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar