PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Keberadaan
komputer bukan merupakan hal yang baru lagi dalam era globalisasi masa kini,
karena hampir setiap instansi baik itu pemerintahan maupun swasta sudah
menggunakan komputer dalam mengolah data-data pekerjaan, bahkan sudah
termodifikasi dalam beberapa bentuk program software
yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini menunjukan bahwa penerapan ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sangat bermanfaat dan sangat berpengaruh pada
suatu tatanan kerja yang dituntut pada suatu proses kerja serba cepat dan
akurat.
Badan Narkotika
Provinsi Bengkulu yang beralamatkan di jalan Indragiri No. 12 Padang Harapan
Bengkulu telah memanfaatkan teknologi komputer dalam menyelesaikan pekerjaan.
Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan salah satunya melakukan sosialisasi
tentang bahaya narkoba terhadap anak-anak sekolah, kuliah, dan masyarakat belum
optimal, karena Badan Narkotika Provinsi Bengkulu masih menggunakan media
seadanya yaitu : film tentang narkoba, brosur-brosur dan media gambar berupa
poster.
1
|
1
|
Berdasarkan
uraian di atas, maka penulis tertarik mengangkat judul “VISUALISASI AKIBAT PENGGUNAAN NARKOBA DENGAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH
8.0”.
1.2.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar
belakang diatas, maka penulis merumuskan masalah yaitu :
1.
Bagamana membuat visualisasi akibat narkoba dengan
Aplikasi Macromedia Flash 8.0.
2.
Bagaimana memberikan informasi akibat penggunaan
narkoba dalam bentuk visualisasi.
1.3. Batasan Masalah
Mengingat luasnya permasalahan yang
mungkin diangkat dalam penelitian ini maka diperlukan batasan masalah. Untuk
itu permasalahan yang diteliti hanya membahas :
1.
Pembuatan Visualisasi akibat penggunaan narkoba yaitu : (Golongan I, Golongan II, Golongan III)
dengan Aplikasi Macromedia Flash 8.0.
2.
Durasi animasi objek berdasarkan jenis
narkoba tersebut diatas maksimal 3 menit.
1.4. Tujuan Penelitian
1.
Untuk dapat melanjutkan ke penyusunan skripsi
pada Program Studi Teknik Informatika Universitas Dehasen Bengkulu.
2.
Untuk Mengetahui Pembuatan Visualisasi akibat
penggunaan narkoba dengan Aplikasi Macromedia Flash 8.0.
3.
Untuk mengetahui Bagaimana memberikan informasi
akibat penggunaan narkoba dalam bentuk visualisasi.
1.5. Manfaat Penelitian
1.5.1. Bagi Peneliti
1.
Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman dalam
melakukan penelitian ilmiah.
2.
Sebagai tolak ukur penguasaan ilmu yang
diperoleh selama menempuh pendidikan pada jurusan Teknik Informatika
Universitas Dehasen Bengkulu.
1.5.2. Bagi Pembaca
1.
Sebagai bahan perbandingan jika melakukan
penelitian dan membahas hal yang sama.
2.
Menambah pemahaman tentang bagaimana membuat
visualisasi akibat penggunaan narkoba dengan Aplikasi Macromedia Flash 8.0.
1.5.3. Bagi Badan Narkotika Provinsi Bengkulu
1.
Diharapkan dapat mempermudah para pegawai dalam
menyampaikan akan bahayanya narkoba.
2.
Mempermudah menyampaikan informasi bahaya akibat
penggunaan narkoba kepada seluruh lapisan masyarakat.
0 komentar:
Posting Komentar